Welcome to My Blog

Monday, October 22, 2018

Perbedaan antara wibu dengan otaku

hallo teman-teman pasti kalian mengenal dengan kata - kata wibu dan otaku kan ! dari sebagian orang tau perbedaan antara wibu dgn otaku dan sebagian tidak tahu,kali ini saya akan memberitahu "apa sih perbedaan wibu dgn otaku" ??



Otaku adalah Sebutan bagi Orang yang memang mendalami Hobinya lebih dari apapun mereka biasanya menyukai hal-hal yang berhubungan dengan Video Game,Anime,Manga,Figure,Seiyuu,Karakter,Superhero,Music,Internet,dan juga event-event menyangkut kegemaranya tersebut.

Sedangkan Wibu adalah sebutan bagi Orang yang mengaku dirinya Sangatlah jejepangan bahkan melebihkan negara jepang di depan orang yang ia temui, padahal ia tidak pernah pergi atau tinggal di negara yang ia lebih-lebihkan itu,Weaboo juga senang sekali dengan gaya bahasa Jejepangan : Misal (Arigathou,Sugoii,itadakkimasu dll) padahal ia tidak mengetahui tempat dan kapan kata-kata itu digunakan.



Perbedaan mereka terlihat semakin mencolok dengan bukti yang saya dapat di salah satu situs blog ini .

1.Otaku adalah sebutan bagi orang yang teramat berdedikasi pada kegemarannya, biasanya identik dengan orang menggemari anime, manga/comic, videogame, superhero, music, dll. Istilah Otaku dalam versi barat adalah Geek yang juga dianggap terlalu menggemari gadget, internet, dan seputar hal-hal tersebut. Sebetulnya ada bermacam jenis otaku tergantung kegemarannya, contoh: Manga wota, Seiyuu wota, Idol wota, Maid wota, Train wota, Figure wota, Anime wota, dll. 

2.Di Jepang, Otaku kadang berkonotasi jelek, karena dianggap terlalu berlebihan menggemari hobinya. Namun demikian tidak semua otaku dianggap jelek. Banyak juga yang menempatkan kegemarannya hanya sebatas hobi dan berperilaku normal seperti umumnya orang banyak. Di banyak negara Otaku pun dianggap terlalu berlebihan / terlalu terobsesi. Tetapi di banyak negara, para Otaku atau Geek banyak yang biasa-biasa saja karena hanya menempatkan hobi ya hobi, dalam kehidupan harian di sekolah atau ditempat kerja ya berperilaku seperti orang umum.

dan apa sih Itu Wibu ?

Dari penjelasan di atas kalian pasti sudah mengerti sedikit tentang Wibu itu sendiri. Tetapi ada Sisi negatif dari weaboo itu .

1.WEEABOO sering disamakan dengan WAPANESE yang berarti “WANT TO BE JAPANESE” atau "JAPANESE WANNABE" atau "orang jepang jadi-jadian", atau “alay jejepangan”. Weeaboo bisa dianggap otaku versi ekstrim. Seorang Otaku belum tentu adalah Weaaboo, namun Weaaboo biasanya adalah Otaku. 

2.Inspirasi mereka berasal dari anime atau manga. Bagi mereka anime / manga adalah sumber utama maha kebenaran, ilmu pengetahuan, dan juga bahasa. Dalam benaknya negara jepang adalah semacam ‘holy land’ di planet ini, dan segala hal mengenai jepang adalah yang paling ‘Superultrafantasticmegawesome’. 

Bagi mereka, semua orang harus beranggapan baik mengenai jepang, termasuk mengerti dan memahami jepang baik budaya, tradisi dan kebiasaannya. Mereka akan naik pitam jika kamu berani mencoba menjelek-jelekan jepang. 


Lalu Apa saja Persamaan mereka Berdua ??

1.Menggemari Manga,Anime,VideoGame,Internet
2.Menyukai Mercendise,DVD,Figure Toys,Download,CD Atau semacamnya.
3. Pada dasarnya mereka orang-orang yang sangat kreatif, menyukai hal-hal kreatifitas, info-info update, dan berbagai fanart, terutama yang berhubungan dengan kegemarannya.
4. Menggemari gadget atau internet.
5. Kadang mereka memilik komunitas dengan minat yang sama.
6. Menyukai event yang berkaitan dengan kegemarannya, misalnya cosplay, anime convention, dll.
7. Menyukai menggunakan profil, username atau nickname yang unik. Kadang mengunakan sebagian nama karakter favoritnya atau artis idol-nya, dan berbagai tema anime, foto profil/avatar, status bb, tanda tangan, background laptop, dan lain-lain.
8. Menyukai dan mengerti banyak istilah-istilah per-otakua-an dalam anime/manga.
9. Tidak semua, tetapi kebanyakan mereka menyukai berfoto dengan pose seperti karakter anime, contoh yang paling sering: tersenyum dengan jarinya membentuk "V".

Perbedaan Antara OTAKU Dan WEABOO.
PERBEDAAN OTAKU & WEEABOO 

1. Otaku: berperilaku seperti orang biasa pada umumnya (tapi kadang-kadang masih kelihatan sih bahwa dia adalah otaku hahaha…) Weeaboo: bangga mempertontonkan dirinya sangat ‘jepang’ atau berperilaku seperti ‘living anime character’ dalam kesehariannya, baik di rumah atau pergaulan. 

2. Otaku: paham bahwa orang lain mungkin tidak mengerti hobi kegemarannya Weeaboo: memandang rendah orang yang tidak mengerti hobi kegemarannya. 

3. Otaku: paham banyak dan selalu update tentang hobinya. Weeaboo: lebih dianggap ‘annoying’ karena terkesan sok tau. Kecintaannya akan Jepang serngkali meremehkan yang non-Jepang. Misalnya: Barat/Indo/Kpop gak sebagus Jepang. Ber-api-api menyebut segala hal adalah plagiat jepang. 

4. Otaku: lebih senang membicarakan kegemarannya lebih senang pada teman yang memiliki minat yang sama. Weeaboo: membicarakan hobi atau kegemarannya pada siapapun, dimanapun, dan kapanpun. 

5. Otaku: lebih merupakan ‘Hobby addicted’ bukan ‘japan addicted’. Mereka dapat menyukai film, videogame, atau musik non-jepang, tidak menjadi masalah berasal dari jepang atau bukan. Weeaboo: lebih merupakan ‘japan addicted’. Mereka berpendapat bahwa Anime dari jepang “is the best thing ever”, jauh di atas segala media visual lainnya, apalagi jika dibandingkan dengan animasi atau film kartun dari negara barat atau negara lainnya. 

saya disini cuma mengambil beberapa dan masih banyak lagi dan kalo teman-teman ingin lebih lengkapnya.usumber:klik di  
sini

dan saya disini sebagai otaku bukan wibu.

silahkan coment dibawah jika ada saran atau kekurangan dari blog saya ini dan jgn lupa follow and share :)

No comments:

Post a Comment

anime yang menampilkan live action

1.ANOTHER Another  ( アナザー )  is a 2012 Japanese school  mystery   horror film directed by  Takeshi Furusawa , starring  Kento Yamazaki ...